Spread the Idea !

Kemarin saya memutuskan untuk tidak pergi ke kampus, sebab ada banyak berita acara distribusi MPLIK yang harus saya scan, resize, dan kemudian mengirimkannya melalui email. Saat melakukan survey MPLIK pada bulan Februari-Maret 2012 kemarin, kami sengaja membeli Printer All in One (Print – Scan – Copy) Canon MP287untuk mendukung proses survey kami di Halmahera. 

Biasanya saya hanya menggunakan untuk keperluan mencetak dokumen. Dan ini tidak terlalu sulit di lakukan di Ubuntu 11.04. Dengan beberapa perintah di terminal Ubuntu, Driver untuk Canon MP287 sudah terpasang dengan baik (walaupun harus terkoneksi ke internet). Untuk fungsi memindai (scan) dokumen saya sempat dibuat bingung.

Awalnya saya pikir jika fungsi print sudah berjalan baik maka fungsi scan juga secara otomatis akan berfungsi. Saya coba menggunakan aplikasi Simple Scan, namun yang muncul pesan error No Scanners Detected. Tidak sampai disitu, saya coba memasang aplikasi Xsane untuk scan. Hasilnya sama saja. Gagal.

Saatnya ke Googling. Saya menemukan bahwa Canon menyediakan file scangearmp-mp280series-1.60-1-deb.tar.gz di web mereka untuk dukungan scan. Setelah diunduh, filenya berukuran 1.3MB, saya kemudian mengextractnya. Di direktori hasil ekstrak, terdapat dua direktori – packages & resources – dan satu buah file install.sh

Tanpa menunggu lama, saya buat file install.sh supaya executable.

$chmod +x install.sh

$./install.sh

dan yang muncul, An error occurred. The package management system cannot be identified.

Tidak apa-apa. Saya coba cara lain, siapa tahu berhasil.

$cd packages

$sudo dpkg -i scangearmp-common_1.60-1_i386.deb scangearmp-mp280series_1.60-1_i386.deb

Setelah instalasi selesai, tidak ada satupun aplikasi baru muncul di menu Ubuntu. Coba jalankan via terminal

$scangearmp

tadaaaaa…. berhasil 🙂 . Aplikasi ScanGear kemudian tampil dengan menu-menu yang mudah dipahami. Coba scan, dan sukses… 🙂

ScanGear

Semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

